Manfaat Air Mineral Saat Berpuasa

Air mineral sangat baik untuk di konsumsi selama berpuasa. Selain mampu memberikan tubuh kita asupan cairan, air yang bersumber dari mata air pegunungan ini juga mengandung berbagai manfaat lain untuk menjaga kesehatan di bulan Ramadan. Sangat banyak sekali manfaat air mineral saat berpuasa.

Agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi, Anda harus mengikuti anjuaran minuman di bulan puasa. Secara umum, asupan air minum yang dianjurkan selama berpuasa tetap sama dengan hari-hari biasanya, yaitu sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas perhari.

Supaya lebih mudah mencuckupi jumlah tersebut, gunakanlah pembagian 2-4-2 untuk mengingat jadwal minum air. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Saat maghrib, minum 1 gelas air saat berbuka puasa dan 1 gelas air setelah sholat.
  • Sejak tarawih hingga menjelang tidur, minum sebanyak 4 gelas air.
  • Saat sahur, minum satu gelas air sebelum makan dan 1 gelas air setelah selesai makan.

Manfaat Air Mineral Saat Berpuasa

Manfaat Air Mineral Saat Berpuasa

Air mineral bukan sekedar air putih biasa. Kandungan mineral didalamnya bisa memberikan manfaat tambahan bagi Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari selama bulan Ramadhan.
Berikut ini adalah manfaat air mineral bagi kesehatan dan vitalitas tubuh Anda saat berpuasa:

1. Membuat tubuh tetap berenergi

Kekurangan cairan (dehidrasi) saat berpuasa dapat membuat otot menjadi lemah. Akibatnya, tubuh anda akan terasa lemas, mudah lelah dan tidak berenergi. Air mineral mengandung kalium yang berperan penting untuk mengaktifkan sistem saraf dan otot. Oleh karena itu, mencukupi konsumsi air mineral bemanfaat untuk menjaga tubuh tetap dehidrasi dan bersemangat saat menjalankan aktivitas selama puasa.

2. Menjaga metabolisme tubuh

Dengan mengonsumsi air mineral yang cukup selama berpuasa, metabolisme tubuh Anda dapat lebih terjaga. Kandungan magensium, mangan dan chromium di dalam air mineral juga dapat mengoptimalkan metabolisme nutrisi yang kita dapatkan dari makanan sahur atau berbuka. Namun perlu diingat, untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda juga harus aktif bergerak, rutin berolahraga, tidur yang cukup dan mengonsumsi makan yang sehat, khususnya makanan yang kaya akan protein.

3. Menjaga kesehatan saluran cerna

Konsumsi air mineral yang cukup dapat membuat kesehatan saluran tetap terjaga, apalagi selama bulan puasa, dimana keluhan sembelit dan sakit maag lebih sering muncul.

Kandungan chloride dalam air mineral dapat mempercepat kerja lambung serta meningkatkan kerja usus dan produksi asam empedu dalam mengolah makanan, sehingga sistem pencernaan menjadi lebih efektif. Di luar kandungan minerlnya, air sendiri juga dapat melancarkan kerja usus besar sehingga buar air besar tetap lancar selama berpuasa. Namun, ini harus diimabangi asupan serat yang cukup, yaitu dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Memelihara kesehatan kulit

Kulit kering merupakan salah satu gejala dehidrasi. Itulah sebabnya, konsumsi air mineral sebanyak 8 gelas perhari merupakan salah satu perawatan kulit yang perlu anda lakukan secara rutin, khususnya selama bulan puasa.

Memenuhi kebetuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air meniral selama berpuasa membawa banyak manfaat untuk kesehatan anda dan keluarga. Namun, perhatikan juga kualitas air yang diminum, karena tidak semua air mineral itu sama.

Sebaiknya ketahui dari mana sumber airnya dan bagaimana proses pengolahannya. Walaupun sama-sama bersih, tidak berwarna dan tidak berasa, belum tentu sudah terbebas dari zat berbahaya.