Mandi Malam Bisa Sebabkan Rematik?

Pasti Anda sering mendengar informasi yang mengatakan bahwa mandi malam bisa sebabkan rematik. Beberapa orang percaya hal itu sekadar kepercayaan yang belum teruji secara medis, tetapi bagaimana dengan Anda?

Mandi Malam Bisa Sebabkan Rematik?

Mandi Malam Bisa Sebabkan Rematik?

Faktanya, mandi malam tidak menyebabkan rematik. Meski demikian, mandi malam dapat memperberat keluhan nyeri rematik Anda. Artinya, bagi Anda yang sudah menderita rematik, sangat tidak dianjurkan untuk mandi malam. Apabila Anda memang ingin mandi, diutamakan untuk mandi dengan air hangat karena rasa dingin akan memperberat nyeri sendi.

Risiko seseorang terkena arthritis meningkat karena usia, sehingga usia memiliki pengaruh besar pada munculnya rematik. Hal ini disebabkan oleh menipisnya lapisan pelindung sendi serta menebalnya pelumas di atas usia 45 tahun. Tapi tidak menutup kemungkinan rematik juga menyerang anak-anak, bahkan bayi.

Setidaknya, satu dari enam orang muda menderita rematik. Bahkan, salah satu jenis penyakit rematik, juvenile rheumatoid arthritis, banyak diderita oleh anak-anak.

Beberapa hal yang menjadi faktor risiko rheumatoid arthritis yaitu umur, obesitas, genetik, hormon, dan merokok.

Jadi, janganlah khawatir untuk mandi malam sepulang dari kantor atau kegiatan lainnya!

Manfaat Mandi Di Malam HariĀ 

1. Menghindari jerawat

Apabila Anda langsung membaringkan badan di tempat tidur dengan minyak dan keringat pada tubuh, hal itu bisa menyebabkan munculnya jerawat. Membersihkan seluruh bagian tubuh dengan sabun dapat membantu memerangi jerawat.

2. Mengatasi alergi musiman

Apabila Anda memiliki alergi musiman, seperti alergi terhadap serbuk sari, alergi kulit yang berasal dari pakaian, maka khasiat mandi malam hari yang bisa didapatkan adalah membantu menghilangkan residu pada tempat tidur. Residu yang terdapat di seprai dapat membuat gejala yang lebih buruk dan mengganggu kualitas tidur.

3. Meningkatkan Relaksasi

Mandi malam sehat karena aktivitas tersebut membantu Anda meredakan ketegangan dan kecemasan sekaligus meningkatkan relaksasi. Karena itulah, efek mandi malam ini dipercaya mengatasi masalah mental. Mandi malam dengan air hangat dapat membuat waktu tidur lebih panjang.

4. Menjaga kesehatan kulit

Hormon pertumbuhan mengatur perubahan pada kulit, sedangkan hormon seks memengaruhi ukuran kelenjar minyak pada tubuh. Kedua hormon tersebut memuncak pada malam hari, sehingga manfaat mandi malam yang bisa didapatkan adalah menghilangkan rangsangan eksternal dari permukaan kulit, dan menjaga keseimbangan hormon. Mandi malam pada akhirnya memberikan hormon terbaik bagi kulit untuk menjaga fungsinya tetap optimal.

5. Menghindari kuman di tempat tidur

Salah satu bagian tubuh yang banyak mengandung bakteri adalah kepala. Jika Anda tidur tanpa membilas rambut, hal itu bisa membuat bantal atau tempat tidur Anda terkontaminasi bakteri, sehingga membuat wajah Anda rentan mengalami jerawat.

6. Rutinitas pagi yang lebih baik

Mandi pagi hari pada dasarnya efektif membuat tubuh Anda lebih segar.

7. Meningkatkan waktu tidur

Manfaat mandi malam yang terakhir adalah meningkatkan kualitas tidur Anda.